Selasa, 25 Oktober 2016

Unsur seni rupa

Unsur-Unsur Seni Rupa
  • Garis 
  garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, benda, warna, tekstur, dan lainnya. perwujudan karya seni rupa pada umumnya diawali dengan coretan garis sebagai rancangannya. garis memiliki dimensi memanjang dan dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti panjang,pendek,vertikal,horizontal,lurus,lengkung, dan berombak. dalam sebuah karya seni tupa, garis juga dapat digunakan sebagai simbol ekspresi. pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai pesan tertentu. garis tebal tegak lurus memberi kesan kuat dan tegas, sedangkan garis tipis melengkung memberi kesan lemah dan ringkih. karakter garis yang dihasilkan oleh alat yang berbeda akan menghasilkan karakter yang berbeda pula. garis selalu dapat diamati secara visual pada tiap benda alam dan pada hasil karya seni rupa. 
  • Raut (Bidang atau Bentuk)
raut merupakan tampak, potongan atau bentuk suatu objek. raut dapat berbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu berbentuk bidang. raut juga dapat berarti perwujudan dari sebuah objek atau sering disebut dengan bidang. raut dalam pengertian luas dapat berarti bidang atau bangun. walaupun demikian, ada pula yang mencoba membedakan kedua pengertian tersebut dengan menyebutkan bidang untuk menunjuk bentuk yang cenderung pipih atau datar, sedangkan bangun lebih menunjukan kepada bentuk benda yang memiliki volume (massa)
  • Titik 
titik merupakan unsur terkecil dalam seni rupa. semua wujud dihasilkan mulai dari titik. titik dapat menjadi pusat perhatian bila berkumpul atau berwarna beda. titik yang membesar bisa disebut bintik. unsur titik dalam seni rupa tidak memegang fungsi secara sendirian, melainkan digunakan secara terjalin dengan titik titik yang lainnya. penggunaaan titik akan lebih dominan dan terlihat dalam karya seni lukis dan seni pointilis 
  •  Ruang 
dalam seni rupa, ruang adalah unsur yang memberi keluasan, kesatuan, kedalaman, serta jauh dekatnya suatu objek. unsur yang merupakan dimensi dari sebuah  benda. ruang dua dimensi hanya menunjukan ukuran panjang dan lebar, sedangkan ruang tiga dimensi  memberi kesan kedalaman. ruang tiga dimensi adalah ruang yang sebenarnya.
  • Tekstur
tekstur merupakan nilai raba pada suatu permukaan. secara visual, ada dua macam  tekstur, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. tekstur nyata adalah tekstur fisik suatu benda serta nyata yang dikarenakan adanya perbedaan permukaan suatu benda. tektur semu adalah tekstur yang terlihat berbeda tetapi bila diraba ternyata sama saja. tekstur semu hadir karena adanya unsur gelap-terang atau unsur perspektif
  • Warna 
warna merupakan unsur penting dan paling dominan dalam sebuah penciptaan karya desain. melalui warna, orang dapat menggambarkan suatu benda mencapai kesesuaian dengan kenyataan dan sebenarnya. secara umum, warna dapat dikelompokan menjadi 3 macam, yaitu warna primer,sekunder dan tersier.
  1. Warna primer : warna pokok atau warna yang belum tercampur oleh warna yang lain atau warna yang berbentuk warna lain. contohnya : merah,biru dan kuning
  2. Warna sekunder : pencampuran antara warna primer yang satu dengan warna primer yang lain sehingga menghasilkan warna yang baru. contohnya : jingga, ungu, hijau
  3. Warna tersier : pencampuran antara warna primer dengan warna sekunder sehingga menghasilkan warna yang baru. Contoh : warna tersier yaitu orange kemerahan, orange kekuningan, ungu kebiruan, ungu kemerahan, hijau kekuningan, dan hijau kebiruan.
  • Gelap-Terang
gelap-terang merupakan keadaan suatu bidang yang membedakan dengan warna tua dan muda. gelap-terang merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh perbedaan banyak sedikitnya cahaya yang jatuh diatas permukaan suatu benda. benda yang bertimpa cahaya secara langsung akan terlihat lebih taerang dan menimbulkan banyangan pada sisi yang berlawanan dari arah datangnya cahaya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar